Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Latin Yang Benar

Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Latin Yang Benar - Doa iftitah ialah salah satu di antara bacaan sholat yang hukumnya sunnah, pelaksanaan bacaan doa iftitah yaitu setelah takbiratul ikhrom pada rakaat pertama sholat wajib atau sunnah kecuali sholat sunnah jenazah karena sholat jenazah dianjurkan singkat dalam pelaksanaannya, dan tidak ada kesunahan membaca doa iftitah pada rokaat kedua, ketiga dan keempat. Selanjutnya dapat pahala sunnah membaca doa iftitah setelah takbiratul ikhrom rakaat pertama tidak boleh kedahuluan oleh bacaan yang lain dalam artian bacaan doa iftitah harus langsung di baca setelah takbiratu ikhrom, ada beberapa hal yang harus di ketahui bagi orang yang ingin membaca doa iftitah supaya mendapatkan pahala kesunahan membaca doa iftitah di antaranya sebagai berikut. Pertama sholat yang di kerjakan selain sholat jenazah walaupun sholat jenazahnya di atas kuburan atau sholat ghoib. Kedua waktunya cukup untuk mengerjakan sholat yaitu mengerjakan sholat di akhir waktu jika waktunya benar-benar mepet dan apabila membaca doa iftitah waktu sholat tersebut akan habis maka tidak sunnah membaca doa iftitah, langsung saja melaksanakan yang wajib.
Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Latin Yang Benar
Ketiga bagi seorang yang menjadi makmum jika membaca doa iftitah tidak khawatir ketinggalan membaca sebagian surat Al-Fatihah. Keempat jika menjadi makmum masbuq dan menjumpai imam di selain posisi berdiri misalnya sujud dan sebagainya maka bagi makmum masbuq tidak sunnah membaca doa iftitah, setelah takbiratul ikhrom langsung saja menyusul ke posisi imam. Bacaan Doa Iftitah Sebagai Berikut:
اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina. Artinya : Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim). Jika melihat secara bahasa iftitah bermakna pembukaan, maka bacaan doa iftitah bisa dimaksudkan dengan doa kunci yang berfungsi sebagai alat pembuka dalam setiap sholat, oleh karena itu kandungan isi dari doa iftitah semacam laporan akan kehadiran diri demi memenuhi panggilan allah Swt, pengakuan kelemahan dan kepsrahan, dan berikrar akan posisi berbagai laku ibadahnya. Bagi seseorang yang belum hapal doa iftitah silahkan dihafal sesudah hafal langsung diamalkan, itulah sedikit pembahasan bacaan doa iftitah, bacaan doa iftitah yang benar bacaan doa iftitah muhammadiyah, doa iftitah pendek, doa iftitah latin lengkap, bacaan doa iftitah latin, bacaan doa iftitah dalam sholat, doa iftitah mp3, doa iftitah allahumma baid. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email