Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Biaya-Biaya Pinjaman Online Yang Harus Diketahui Nasabah

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, kita harus bisa mengetahui beberapa hal penting cara mendaftar.

Satu diantaranya adalah mengetahui tentang biaya-biaya yang biasanya harus dikeluarkan atau bahkan dipotong dari uang pinjaman yang kita pinjam.

Hal ini haruslah di baca terlebih dahulu dana pihak pemberi pinjaman juga harus menjelaskan secara transparan kepada calon peminjam nya.

Hal itu agar kemudian nanti tidak ada kekecewaan yang dirasakan oleh pihak peminjam ketika ada pemotongan atau penambahan biaya tertentu setelah pinjaman itu dilakukan.

Hal ini juga penting untuk para peminjam menjadikannya sebagai salah satu bahan yang kemudian nanti dimasukkan ke dalam perhitungan. 

Selain mengambil keuntungan dari bunga, pengelola pinjaman atau aplikasi pinjaman biasanya juga memang membutuhkan biaya tambahan lain.

Nah penghasilan tambahan lain-lain itulah yang kemudian diambil dari tagihan biaya yang kemudian ditarik dari para peminjam.

Para nasabah juga sebaiknya memang harus bisa jeli dan hati-hati atau bisa dengan bijak mengenali beragam biaya tersebut sebelum memutuskan untuk meminjam dari salah satu aplikasi pinjaman secara online tersebut.

Bahkan kalau perlu Anda hitung terlebih dahulu di awal sebelum proses pinjaman dilakukan sehingga nanti anda bisa putuskan dan nilai sendiri apakah biaya tambahan itu merugikan atau tidak. 

Daftar biaya-biaya Pinjaman Online 

Dalam kesempatan ini kita akan bahas mengenai biaya-biaya pinjaman online yang seringkali dipungut oleh pihak pemberi pinjaman atau aplikasi pinjaman.

Kita sebaiknya bisa coba cari tahu dan mempelajari serta pahami betul mengenai biaya-biaya yang dimaksud tersebut.

Apa saja beberapa biaya yang dimaksud? Kita simak dibawah ini beberapa biaya umum yang seringkali di pungut oleh aplikasi pinjaman. 

1. Biaya administrasi 

Biaya pertama yang seringkali dipungut oleh pihak aplikasi peminjaman online adalah biaya administrasi.

Adapun yang dimaksud dengan biaya administrasi ini sebetulnya adalah biaya yang dikenakan untuk pengurusan berkas dan lain sebagainya.

Jadi pihak Kak penyedia aplikasi pinjaman memungut dana pengelolaan administrasi tersebut kepada nasabahnya.

Berapa besarannya? Umumnya besaran dari biaya administrasi ini adalah sekitar 1% dari total pinjaman yang anda ajukan.

Jadi kalau anda mengajukan pinjaman Rp100.000, maka akan dipotong biaya administrasi sebesar Rp1.000. 

2. Biaya provisi 

Kemudian yang selanjutnya adalah biaya provisi atau biasanya ini merupakan biaya yang ditarik oleh pihak pemberi pinjaman termasuk juga bank di awal.

Biaya profesi ini bukan hanya ada di dalam pinjaman secara online saja tapi juga sudah lama diterapkan dalam pinjaman bank.

Besaran dari biaya provisi ini juga cukup lumayan yakni sekitar 5 sampai 8% dari total pinjaman yang anda ajukan tersebut. 

3. Biaya layanan 

Disamping itu juga Terkadang ada biaya lain yang harus dibayarkan yakni biaya yang berhubungan dengan layanan.

Dalam hal ini tentu pihak penyedia aplikasi melayani anda dari mulai customer service sampai dengan stabilitas aplikasi yang disajikan untuk kemudian dibayar jasanya.

Pembayaran itu bisa dilakukan melalui biaya layanan yang kemudian dipungut oleh pihak pemberi pinjaman aplikasi tersebut. Besarannya juga biasanya hanya sekitar 1% dari total biaya pinjaman. 

4. Biaya keterlambatan 

Selanjutnya biaya lain yang juga harus dibayarkan atau sering dipungut oleh pihak pemberi pinjaman adalah yang berhubungan dengan biaya keterlambatan.

Jika anda mengalami keterlambatan pembayaran, maka kemudian pihak pemberi pinjaman akan memberikan sanksi dengan menambahkan biaya khusus.

Besaran dari biaya sanksi administrasi atau biaya keterlambatan ini biasanya berkisar 1 sampai 3% lama dari hari keterlambatan tersebut.

Bahkan juga harus diketahui bahwa biaya ini bisa saja terus meningkat semakin lama anda meminjam.

Apakah Mungkin Ada Pinjol Yang Tanpa Biaya Tambahan? 

Karena memang sebagian diantara kita enggan untuk membayar biaya tambahan administrasi dan lain sebagainya, kemudian Biasanya kita mencari pilihan yang memang menawarkan tidak ada tambahan modal.

Tapi yang jadi pertanyaan adalah apakah mungkin ada yang menawarkan tanpa tambahan biaya-biaya khusus seperti itu?

Oleh karena itu kita harus lakukan pencarian agar kemudian bisa menemukannya karena tanpa pencarian kita akan sulit untuk bisa menemukan pinjaman online yang menawarkan kebebasan biaya tambahan.

Terkadang kita juga sudah keberatan untuk membayar bunga, apalagi jika kemudian harus ditambah dengan biaya lain yang tentunya akan memungkinkan kita untuk menambah biaya lebih banyak.

Maka dari itu solusi yang bisa dilakukan adalah mencari penawaran promo pinjaman yang memungkinkan kita untuk hanya sekedar membayar cicilan dan bunganya saja tanpa ada biaya tambahan lain.

Asalkan Kemudian Anda bisa mencarinya maka kemudian anda bisa dengan mudah untuk menemukannya.

Jadi silakan Anda pilih dan temukan salah satu pilihan penyedia pinjaman online tersebut. Pelajari dan bahkan hitung kalau perlu biaya tersebut sebelum memulai untuk mengajukan pinjaman.

Berlangganan via Email