Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri Aplikasi Pinjaman Online Ilegal dan Abal-abal

Jika anda mau mengajukan pinjaman secara online ke aplikasi pinjaman yang tersedia, sebaiknya anda Pastikan untuk memilih aplikasi pinjaman yang memang legal dan terpercaya.

Sebaliknya, anda diharuskan untuk bisa selektif dan tidak asal pilih karena di luaran sana terkadang lebih banyak pilihan aplikasi yang memang ilegal atau abal-abal.

Agar kemudian kita bisa menghindari aplikasi yang ilegal tetap seperti itu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu beberapa ciri aplikasi pinjaman online ilegal yang memang biasanya kita bedakan dengan mudah.

Tentunya akan selalu ada ciri dan kriteria yang bisa kita kenali sehingga ketika menemukan aplikasi dengan ciri tersebut, kita bisa lebih hati-hati dan tidak asal pilih. 

Market peminjam di Indonesia memang sangatlah besar. Apalagi sebagaimana diketahui bahwa bank seringkali tidak melayani pinjaman yang tanpa menggunakan agunan atau jaminan.

Oleh karena itu banyak sekali market yang tidak tersentuh oleh pihak bank sehingga kemudian ini dimanfaatkan oleh adanya fintech lending. Tapi juga sayangnya tidak semua orang yang mendirikan fintech lending kemudian berlaku fair dan terpercaya.

Beberapa diantaranya yang justru melakukan beberapa penipuan dan ambil untung Sendiri Saja. Mereka kemudian tidak terdaftar dengan lembaga khusus Otoritas Jasa Keuangan Yang memang seharusnya di miliki sebagai syarat wajib. Akhirnya banyak juga yang terjebak dengan aplikasi pinjol ilegal ini. 

Bahaya Meminjam Uang Di Pinjol Ilegal 

Sebelum kita coba kenali dan pahami betul tentang beberapa ciri dari aplikasi pinjol yang ilegal, ada baiknya kita coba cari tahu beberapa bahaya yang mungkin terjadi.

Ada beragam bahaya yang pasti akan terjadi dan didapatkan jika kemudian kita terjebak dengan pinjaman online yang memang ilegal. Sebagian di antara anda mungkin banyak yang belum mengetahui tentang bahaya dan juga dampak buruknya tersebut.

Oleh karena itu kita harus pastikan untuk bisa mengenali dan memahami terlebih dahulu akan bahayanya dan setelah itu barulah kemudian kita bisa coba untuk mengatasi itu dengan tidak memilihnya. Apa saja beberapa bahaya yang dimaksud? 

• Hutang tidak lunas lunas - karena bunga yang digunakan biasanya terus bertambah dan besar tanpa ada kesesuaian, dirinya peminjam yang menunggak Justru harus membayar hutang berkali lipat. 

• Data privasi bocor - juga juga data yang Anda gunakan pada saat pendaftaran bisa saja nanti malam bocor dan digunakan untuk kebutuhan yang tidak Semestinya dilakukan. 

• Malu karena ditagih ke teman dan kerabat - kemudian selanjutnya seringkali juga beberapa pinjol yang tidak masuk akal atau juga palsu dan ilegal, mereka melakukan cara penagihan yang tidak manusiawi. Akhirnya ini membuat peminjam malu terhadap kerabat teman atau bahkan tetangganya. 

Nah beberapa resiko buruk itu pasti saja terjadi kalau kita memang tidak bijak dan salah dalam menentukan pilihan aplikasi pinjaman. Oleh karena itu sebaiknya kita coba mencari pilihan yang memang logis dan bisa dipercaya serta yang paling penting adalah resmi dan legal. 

Mengenal Ciri Aplikasi Pinjaman Online Ilegal 

Mengingat banyak dampak buruk dan risiko yang bisa kita dapatkan jika kita meminjam uang online dari aplikasi yang ilegal, maka selanjutnya dan seharusnya kita mengetahui tentang beberapa ciri yang biasanya dimiliki oleh aplikasi ilegal tersebut.

Tujuannya sebetulnya sangatlah penting karena dengan demikian kita bisa memastikan untuk bisa menghindarkan diri dari apa yang disebut dengan fintech ilegal.

Kalau kita misalnya sudah mengenali dan mengetahui beberapa ciri yang biasanya dimiliki oleh aplikasi yang ilegal tersebut, maka dengan begitu nanti kita bisa dengan mudah sebetulnya menghindarinya Ketika menemukan salah satu pilihan yang sesuai dengan beberapa ciri tersebut. Apa saja beberapa ciri yang dimaksud? 

1. Tidak memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan 

Ciri pertama yang kemudian bisa dengan mudah kita kenali sebetulnya adalah tidak adanya izin resmi dari OJK. Izin dari OJK menjadi salah satu bagian penting yang harus dimiliki oleh aplikasi pinjaman sebelum mereka menawarkan jasa pinjaman kepada masyarakat.

Pemberian izin dilakukan setelah dilakukan proses verifikasi dan analisa oleh pihak OJK terlebih dahulu sehingga kemudian dianggap layak untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat. 

2. Profil perusahaan yang tidak jelas 

Ciri lainnya yang juga kemudian mudah sekali dikenali adalah di mana aplikasi pinjaman itu biasanya tidak memiliki profil perusahaan yang jelas.

Padahal seharusnya sebuah aplikasi pinjaman itu berada dibawah naungan perusahaan yang jelas dan memiliki profesionalisme.

Juga bisa mengecek alamat perusahaan tersebut sehingga ketika ada masalah bisa langsung mengunjungi kantor dari perusahaan Itu. 

3. Prosedur yang ribet dan tidak transparan 

Kemudian juga selanjutnya ciri lain yang bisa kita kenali dengan mudah adalah adanya prosedur yang rumit dan sulit serta tidak ada transparansi.

Padahal sebetulnya transparansi ini sangatlah penting. Aplikasi pinjol harus menjelaskan apa saja biaya yang dikenakan dan juga Berapa bunga yang di kata pekan dalam setoran atau cicilan yang harus disetorkan. 

Dengan mengenali beberapa ciri aplikasi pinjaman online ilegal di atas, maka dengan begitu setidaknya ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk kemudian kita terhindar dari pilihan aplikasi pinjam uang palsu dan penipuan.

Berlangganan via Email