Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bunga KPR Naik? Ini Strategi Mengatasinya

Kali ini saya bukan ingin bicara mengenai tipe atau perbedaan bunga KPR ya, simply hanya ingin share mengenai taktik hadapi peningkatan bunga KPR yang kadang memang kini saatnya naik. Lho kok kini saatnya? Begini tujuannya.

KPR dengan pola final and cap ialah satu hal yang memikat untuk yang ingin mempunyai property secara credit. Menarik karena secara angsuran dari awalnya bisa diprediksikan secara baik.

Tetapi, itu terbatas di masa "final" nya saja. Saat masuk masa "cap", bisa saja pusing kepala. Meskipun "cap" ini telah cukup menolong dan terprediksi diperbandingkan resiko bila dilepaskan ke bunga pasar.

Sebagai catatan, sesungguhnya kita dapat mengecilkan angsuran dengan lakukan pembayaran pelunasan pembayaran dasar beberapa.

Tetapi pada ulasan kesempatan ini, logikanya kita tidak mempunyai dana untuk lakukan pembayaran pelunasan pembayaran beberapa. Agar lebih hebat, hehehe…

Satu kali lagi, ini cuman share mengenai cara-cara memperhitungkan peningkatan bunga KPR ya, lengkapi beberapa panduan sekitar bunga KPR dari Bank Indonesia.

Sekian tahun lalu saya ambil KPR untuk pembelian apartemen dengan program final dan cap di satu bank swasta.

Program final dan cap ini berlaku untuk 5 tahun (final tiga tahun, cap dua tahun). Kebenaran bulan kemarin periode "final" nya usai dan bertukar dengan periode "cap".

Ternyata… angsuran saya jadi seputar 12% semakin tinggi dari angsuran umumnya. Cukup secara nominalnya. So, waktunya ngatur taktik untuk hadapi keadaan ini.

Cukup terlambat sich sesungguhnya, karena semestinya dari mulanya telah ada taktiknya. Yah better late than never, hehehe…

Ini ialah alternative opsi dari saya untuk mengakali peningkatan bunga KPR. Tidak ada opsi yang terbaik, semua tergantung pada keadaan keuangan setiap orang dan keadaan KPR pada saat tertentu.

1. Penyesuaian anggaran bulanan

Pilihan paling umum saat bunga KPR naik ialah terima peningkatan bunga itu dan lakukan rekonsilasi di bujet bulanan.

Beberapa orang yang umumnya pasrah pada kondisi, terlebih bila peningkatan angsuran secara nominal tidak begitu berarti pada bujet bulanan.

Di keadaan saya sesungguhnya dapat disebut tidak begitu berpengaruh berarti. Apa lagi diperbandingkan dengan pengalaman beberapa rekan yang peningkatan angsurannya capai seputar 50% dari angsuran awalnya. PR sekali jika seperti begini kasusnya.

Bila keadaan keuangan kita terhitung "ngepas" karena itu harus ada pos-pos pengeluaran yang dihemat.

Tetapi bila penghasilan keluarga telah lebih baik, jadi tidak ada permasalahan dalam peruntukan dana tambahan untuk angsuran KPR ini.

Alternative ini sedikitnya capeknya. Tetapi dapat buat kesel bila rupanya ada opsi yang lain tambah murah.

Jika secara bahasa ekonomi kerennya, bila ada alternative lain untuk kurangi bunga KPR, karena itu ada opportunity lost yang perlu kita tanggung karena menjalankan strategi ini.

2. Negosiasi suku bunga

Coba kontak bank KPR anda, lebih baik kembali melalui akun officer yang tangani program KPR dahulu. Bahas peluang potongan harga bunga yang sekarang ini dikenai.

Bukan mustahil lho kita dapat mendapatkan potongan harga bunga meskipun kemungkinan tidak terlalu besar.

Memang langkah ini tidak selamanya sukses. Tetapi bagaimana juga bank mempunyai kebutuhan supaya nasabah (apa lagi yang trek record nya bagus) dapat terus jadi nasabah.

Dibanding di take over ke bank lain kan, mendingan bunganya di turunkan sedikit. So, alternative yang pantas untuk dicoba.

3. Memanfaatkan promosi berjalan di bank yang sama

Nah ini strategi ride the wave. Pokoknya, lihat beberapa program terkini dari produk KPR di bank tempat kita ambil credit.

Di kasus saya, rupanya ada program final dan cap baru di bank KPR saya: final 7.5% untuk tiga tahun pertama dan cap 8.5% untuk tiga tahun selanjutnya.

Cukup sekali nih, karena bunga cap berjalan saya saat ini telah ia angka 11%. Cukup sekali perbedaannya.

Jangan sampai mengharap jika bank akan automatis mengikutkan kita dalam promosi-promosi bunga terkini.

Promo ini cuman untuk nasabah baru, bukan nasabah lama. So, kita yang perlu aktif dalam cari info dan mengontak bank.

Berlangganan via Email