Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Memilih Pinjaman Online yang Aman, Bebas Penipuan

Fenomena pinjaman online jadi jalan keluar bagus untuk warga yang memerlukan dana cepat untuk bermacam keperluan. Anda tak perlu kembali berbaris di bank apa lagi menanti uang cair sampai beberapa bulan.

Walau demikian, cari utang online yang aman sesungguhnya cukup susah, apa lagi jika Anda kurang cermat.

Agar Anda dapat terbebas dari penipuan berlagak utang online, berikut tutorial komplet saat menentukan utang online yang aman dan ringkas!

Pilih yang Sudah Terdaftardan Berizin OJK

Sebetulnya tidak sulit untuk cari tahu apa basis utang online yang Anda dapatkan telah tercatat dan berijin OJK atau memang belum.

Ini karena bisa ditegaskan fintech legal akan memberikan simbol OJK di web dan program mereka, dan tuliskan info "telah tercatat dan berijin OJK atau minimum tercatat dan dipantau oleh OJK" di deskripsi program dalam App Store atau Google Play.

Disamping itu, OJK terus mengupdate daftar fintech legal di web sah OJK. Maka Anda dapat memeriksanya kembali jika sangsi. Ingat, utang online yang aman ialah yang telah dengan cara resmi kantongi ijin atau dipantau dari OJK, ya!

Suku Bunga dan Biaya yang Transparan

Salah satunya perangkap utang ilegal yang paling sulit untuk ditampik ialah iming-iming penampilan suku bunga rendah tanpa denda.

Semua utang online yang aman harus taat pada ketentuan OJK yang ada. Ini maknanya, ada beberapa info masalah suku bunga dan ongkos yang perlu disingkap ke calon nasabah.

Saat sebelum pilih, cari info masalah ongkos administrasi, pemerlakukan suku bunga, tenor yang dapat diambil, ongkos denda bila telat bayar, dan ongkos denda pemercepatan pembayaran pelunasan pembayaran utang.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kurang lebih apa utang online ini telah sesuai kekuatan bayar Anda. Kerjakan replikasi utang saat sebelum daftarkan diri, ya.

Baca Dulu Syarat Lengkapnya

Meskipun termasuk pinjaman online yang aman tanpa jaminan atau agunan, masih ada syarat yang perlu disanggupi calon nasabah sebelumnya terakhir pengajuannya diterima. Tidak boleh kira syarat ini sebagai kendala, tetapi sebagai tanda jika utang ini legal dan aman.

Syarat dari utang online juga lebih gampang dibanding utang konservatif. Cukup lampirkan photo KTP dan beberapa berkas yang lain, seperti NPWP,slip upah atau bukti pendapatan yang lain.

Dalami dahulu syarat yang ada supaya proses mengajukan utang online berjalan mulus dan dapat selekasnya dicairkan.

Punya Fasilitas Cek Status Pinjaman yang Mudah

Karena merupakan pinjaman online yang aman, karena itu sudah tentu punyai sarana service yang mempermudah nasabahnya dalam mengurus utang.

Fintech umumnya mempunyai web dan program mobile yang dapat dijangkau oleh beberapa nasabah. Nach, check apa fintech tempat Anda terima utang online ini mempunyai sarana berbentuk check status utang.

Yakinkan jika tercantum info seperti jumlah utang, tenor, tanggal jatuh termin, dan bunga utang. Bukan hanya sebagai pengingat, tetapi bisa juga Anda pakai sebagai bukti jika utang Anda tidak diubah-ubah oleh faksi yang tidak bertanggungjawab.

Adanya Kontrak Perjanjian dan Layanan Konsumen

Walau memang sifatnya ringkas dan serba online, tetap harus ada kontrak kesepakatan yang mengikat Anda sebagai nasabah dengan fintech sebagai pemberi utang.

Baca dengan cermat isi kontrak kesepakatan ini, dimulai dari suku bunga, tenor, sampai denda. Periksa lagi apa data diri Anda telah betul.

Tidak boleh sangsi untuk langsung menanyakan ke service customer jika ada info dalam kontrak kesepakatan yang tidak tepat.

Karena itu, sangat penting untuk pilih utang online yang aman dan mempunyai contact service customer yang pasti!

Tersedia Aplikasi dan Website Resmi

Seperti yang barusan telah disebut, utang online yang aman ialah utang dari fintech yang mempunyai web dan program sah dengan logo OJK.

Yakinkan jika program yang dipakai itu pemakai friendly dan aman, maknanya tidak minta akses ke data personal dalam hp Anda.

Lalu, check apa web sah fintech telah "dikunci" atau memang belum. Bila Anda menyaksikan ada simbol kunci gembok disamping kiri alamat web, itu pertanda web aman dan tidak mengambil data personal Anda secara ilegal.

Berlangganan via Email